Jumat, 28 Oktober 2011

Peringatan Sumpah Pemuda 2011

Hai!
Be back with me!

History On Past!

Do you ever heard about Sumpah Pemuda?
Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.
Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.
Sumpah Pemuda versi orisinal:
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Now on Pesat!

Hari ini, tepat pada tanggal 28 Oktober 2011 terjadilah peristiwa besar di SMA Plus PGRI Cibinong. Karena tepat pada hari ini, kami semua melaksanakan upacara sumpah pemuda. 
Diawali dengan sambutan oleh Bapak Lurah Ciriung lalu dalam acara ini terdapat 3 deklarasi yang dibacakan oleh perwakilan ekstrakulikuer SMA Plus PGRI Cibinong. Nah, disamping acara formal tersebut pula event yang mewajibkan seluruh siswa-siswi SMA Plus PGRI Cibinong untuk menandatangani sehelai kain putih yang diawali oleh Bapak Kepala Sekolah SMA Plus PGRI Cibinong yakni Bapak Drs. H. Basyarudin Thayib M, Pd. Lalu seterusnya oleh Bapak Lurah, guru-guru dan siswa-siswi SMA Plus PGRI Cibinong. Bersamaan dengan itu, penampilan Taeco (gatau tulisannya nih, maaf ya!) oleh Binus University yang menggemparkan seisi Pesat! Sumfeh ya, gue, Admin gatau tentang ini soalnya Admin pingsan haha u,u

Nah, setelah itu dilanjukan dengan acara final bulan bahasa yang alhamdulillah kelas kami mengikuti 12 kategori lomba final. How amazing we are! wakakak :p

Dari sajak bahasa sunda yang diwakili oleh Maya Adriana. Berikut kutipan dari saudari Maya yang dimintai keterangan tentang berlangsungnya lomba, "Menurut saya, lomba final kali ini sangat menegangkan. Karna semua fnal kali ini sangat bagus. Bahkan saya pesimis untuk menang, tadi bacanya juga kecepetan hehe". Seharusnya, saudari Maya tidak boleh pesimis seperti itu. Semuanya harus diserahkan kepada Allah swt. 

Dari tembang bahasa sunda yang diwakili oleh Isniani. Berikut kutipan dari saudari Isniani yang dimintai keterangan tentang berlangsungnya lomba, "Menurut saya, final kali ini seru, finalisnya sangat bagus. Jadi, this is the real of final on bulan bahasa!" Bagi saudari Isniani, siapapun yang menang itulah yang terbaik.;-) Oke, Admin setuju banget nih tentang kata-kata saudari Isniani tersebut.
Dari Musikalisasi Puisi yang diwakili oleh Shinta Permatasari, Adonia Getse Halel, Yongki Martindo Putra, M. Yazid Akbar, dan Desi Diannata. Berikut kutipan dari saudari Adonia Getse Halel yang dimintai keterangan tentang berlangsungnya lomba, "Menurut Saya, Karena ada keributan saat lomba jadi sewaktu melaksanakan lomba tersebut menjadi tidak konsentrasi. Nah, saat lomba terjadi juga hanya ada 1 mikrofon sehingga suara 3 penyanyi tidak terdengar." Well, berart ini kesalahan siapa? Well, hanya anda yang dapat menilai!:p

Dari Pidato Bahasa Jepang yan diwakili oleh Fithriastuti Nagari. Berikut kutipan dari saudari Tias yang dimintai keterangan tentang berlangsungnya lomba, "Menurut saya, sebagian besar adalah anak japanis club, saya merasa tidak percara diri. Pokoknya, akan jadi pengalaman berharga untuk saya. Tak ada kata yang dapat terungkap, apalagi latihan baru tadi malam dan pagi tadi!" Well, tetap semangat ya kaka!

Dari Uta yang diwakili oleh Iko Arindi. Berikut kutipan dari saudara Iko Arindi yang dimintai keterangan tentang berlangsungnya lomba, "Menurut saya, merasa deg-degan, bingung, gak terasa pa-apalah. Pusing. Kaget." Beh, lo tau gasih? Padahal suporter saudara Iko Arindi sangat banyak, ga cuma dari kelas XII IPA UNGGULAN 1 tapi juga dari kelas yang lainnya. "Ah, Iko kece banget guys. sumfe ya, itu tuh keren banget! Performnya total bgt lagi!", Admin berkata.

Dari Speech Contest diwakili oleh Rahimah Muslihah. Nah, guys! Kalo ini sih gausah ditanya, master of speech contest haha:p Well, Gue ish percaya aja sama anak yang satu ini. Kurang apa coba? Pinter, Baik, Sholehah. Kurang apa lagi?:p (jangan ngefly ya ima chan!)

Dari Story Telling yang diwakili oleh Mharsya Lurisari. Nah, tadi setelah dari Lomba Uta kita langsung ke tempat dimana saudari Acha lomba. Jurinya Miss Ika sama Mom Ike guys! Wihiii kerenlah! Kk Acha kayanya sih rada grogi karna Anak kelas pada nonton dia hehe Tapi bagus kok!

Dari News Reading yang diwakili oleh Fina Destriana. Nah, anak yang berjilbab satu ini sangat menyiapakan tentang lomba hari ini. Fina, sebut saja! Fina menggunakan bantuan alat yakni Video berita dari VoA! Well, walaupun Admin ga liat tapi Admin juga uda liat kok latihannya dia seperti apa. Believe on ya, fin!

Dari Baca Berita yang diwakili oleh Mokhammad Rio Radhi Prawira. Berikut kutipan dari saudara Rio setelah mengikuti lomba, "Menurut saya, saya merasa batin, gemetaran dari awal karena saingan saya sangat kuat. Udah gitu jurinya Ibu Kania yang selalu menyuruh saya remed bahasa indonesia." Well, sama dong kaya Admin haha:p

Dari Kana Contest yang diwakili oleh Nuri Cipta Ilahi. Berikut kutipan saudari Nuri setelah mengikuti lomba, "Menurut saya, lomba kali ini sangat sulit. Selain menulis Katakana dan Hiragana juga menjawab soal. Duh, jadi ga yakin nih!" Well, Admin ga setuju nih, gimanapun hasilnya kan yang terpenting tuh uda berusaha, ya gak? yadong!:p

Dari Mendongeng yang diwakili oleh Eliza Oktaviani. Kalo kata Anak-anak sih perform dari saudara Eliza sangat bagus dan kocak. haha Admin juga percaya nih sama saudara Eliza. Keep moving forward ya guys!

Dri Pidat Bahasa Indonesia yang diwakili oleh Nahirudin Al-Fath. Nah, figur Obama yang begitu melekat di diri Al-fath. Admin juga yakin nih sama anak yang satu ini!Fighting guys!

Well, berikut sekilas perform finalis dari kelas XII IPA UNGGULAN 1. Yang lainnya juga oke banget kok! Semuanya bagus banget, sampe bingung nih Admin mau ngomong apa lagi haha:p
Mudah-mudahan atas lomba bulan bahasa ini bisa menjadi hasil yang terbaik saat kami kelas 12. Amin yaAllah!;-)
 Oiya, Pesat juga menyelenggarakan semacam lomba di media internet melalui twitter, facebook, ataupun blog yang kami buat ini. 
Seperti isi dari tweet kammi pagi ini, 
"Jangan lupa pada tweet #DeklarasiPESAT #SMAPLUSPGRCBN ya semuanya! ;)" 
Well, Semua ukiran prestasi ini akan terkenang dalam diri masing-masing siswa. Semoga apa yang Admin buat tidak membuat kalian semua patah seangat ya. Tetap semangat menyambut hari esok dengan penuh kemenangan. Karna hanya diri kitalah yang tahu, mana posisi yang terbaik untuk diri kita. Remeber, we're family not one person!

Berikut foto-foto kami setelah lomba. Check this out!





Ayolah kita sama-sama mendukung akan semua yang kita lakukan. Keep moving forward and Believe on Yourself!
Sincerely, Anita Aprilliani Ichwana.

0 Guess What?:

Posting Komentar

Be nice and leave your comment here☺

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host